Cara Mencegah Gigitan Nyamuk Malaria

, , No Comments
Cara Mencegah Gigitan Nyamuk MalariaNyamuk merupakan sebuah serangga yang dimana sangat menyukai menghisap darah mahkluk hidup lainnya. Contoh saja manusia. Banyak dari anda yang biasanya di gigit nyamuk saat malam hari dan menganggap itu merupakan hal yang biasa terjadi dan tidak melakukan apa-apa untuk pencegahan. Padahal, jika anda membiarkan badan anda terkena gigitan nyamuk. Bisa saja saat itu, yang menggigit anda adalah nyamuk malaria atau yang biasa disebut nyamuk Anopheles betina.

Berbeda dengan nyamuk Aedes Aegypti, nyamuk Malaria biasanya mencari makan saat fajar baru menyingsing atau pagi hari dan saat senja. Selain itu perbedaan mendasar lainnya adalah, penyakit malaria disebabkan oleh parasit plasmodium yang menular akibat siklus kompleks diantara manusia dan nyamuk. Jadi bukan karena sebuah virus layaknya Aedes Aegypti yang menyebabkan Demam berdarah.

Nah, agar anda terhindar dari gigitan nyamuk ini. Ada baiknya anda mengikuti tips kami cara mencegah gigitan nyamuk malaria.

1. Hindari adanya genagan air di rumah anda Nyamuk berkembang biak di daerah-daerah adanya genangan air. Sebaiknya anda sering membersihkan rumah anda. Agar anda bisa menghilangkan adanya genangan air. Ambil contoh saja genangan air di pot bunga, genangan air di kamar mandi (usahakan selalu menguras bak mandi anda agar tidak dijadikan tempat berkembang biak nyamuk malaria), dan tempat lainnya yang memungkinkan adanya genangan air. 

 2. Membersihkan tempat yang disukai hinggap nyamuk malaria Sebaiknya anda juga mulai membersihkan beberapa tempat dimana nyamuk ini suka hinggap. Yaitu di kain-kain yang bergantungan, semak belukar yang beradai di dekat saluran air, Mengusahakan agar tidak ada tempatyang lembab dan gelap dirumah anda, mengalirkan genangan-genangan air dan lain-lain. 

3. Membunuh jentik-jentik nyamuk dengan menggunakan obat anti larva nyamuk di bak mandi anda. Atau anda bisa juga dengan cara yang alami dengan menaruh seekor ikan yang bertugas membersihkan jentik-jentik ikan’ 

 4. Gunakan kelambu Untuk anda yang tidak ingin tergigit nyamuk saat tidur, ada baiknya anda memasang kelambu agar sang nyamuk tidak bisa mendekati anda saat anda tidur. 

 5. Gunakan obat pembasmi nyamuk atau lotion anti nyamuk Gunakanlah obat pembasmi serangga serta lotion untuk menangkal nyamuk menyerang anda. Tapi ada baiknya anda menggunakan cara-cara nomer 1-4 karena jika terlalu serti menggunakan obat pembasmi serangga. Anda akan terkena dampaknya juga. Mungkin tidak terlihat langsung, tetap efeknya akan anda dapatkan setelah bertahun-tahun kemudian.

0 komentar:

Posting Komentar