Cara Mengatasi Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil

, , No Comments
Cara Mengatasi Sakit Pinggang Pada Ibu HamilPada saat hamil, salah satu sakit yang sering diderita adalah sakit pinggang. Sakit pinggang pada ibu hamil terjadi karena membesarnya rahim ibu dan peregangan otot-otot tubuh ibu hamil. Hal ini bisa saja diperparah dengan berat badan ibu hamil yang berlebihan. Otot-otot yang akan akan bekerja ekstra untuk menopang tubuh ibu antara lain adalah otot pinggang, pangkal paha dan sepanjang tulang punggung. Hal ini biasa dirasakan ibu pada malam hari ketika akan beranjak tidur atau beristirahat. Tentu tidak akan mengenakkan bagi ibu yang mengalaminya karena akan mengganggu aktivitas. Namun ibu tak perlu khawatir, sakit pinggang ini bisa dicegah dan juga diatasi.

Cara mencegah sakit pinggang pada ibu hamil yang pertama adalah dengan memperhatikan ketika ibu akan melakukan gerakan jongkok untuk mengambil sesuatu di lantai. Ibu sebaiknya melakukannya secara perlahan-lahan dimulai dengan membengkokkan lutut dengan posisi punggung tetap lurus. Kemudian dilanjutkan dengan mulai membengkokkan punggung secara perlahan. Ketika akan berdiri, lakukanlah dengan hati-hati agar keseimbangan tetap terjaga. Cara berikutnya adalah dengan menjaga posisi berdiri tetap lurus dengan bahu. Ibu tidak disarankan untuk membungkukkan badan kedepan atau malah mencondongkannya ke depan. Selain itu, ibu juga disarankan untuk menghindari kondisi yang membuat ibu terus-terusan berdiri, apalagi kondisi tersebut membuat ibu berdiri sampai 6 jam.

Sakit pinggang pada ibu hamil bisa diatasi dengan mandi air hangat, akan lebih baik lagi jika dilakukan dengan berendam. Karena air hangat akan membantu meredakan gejala nyeri yang terjadi pada otot. Lakukan hal ini dengan memijat bagian otot yang terasa sakit. Akan lebih baik apabila air yang digunakan untuk berendam dicampuri dengan garam. Perlu diingat untuk tidak menggunakan air yang terlalu panas, karena bisa membahayakan kondisi janin dalam kandungan ibu. Cara lain untuk mengatasinya adalah dengan melakukan gerakan senam relaksasi. Lakukan gerakan ini dengan menarik nafas dan kemudian dihembuskan pelan-pelan. Lakukan hal ini setiap kali gejala nyeri pada otot mulai muncul.

0 komentar:

Posting Komentar