Beberapa Anjuran Obat Sakit Gigi Untuk Ibu Hamil

, , No Comments
Beberapa Anjuran Obat Sakit Gigi Untuk Ibu HamilSakit gigi merupakan salah satu sakit yang paling tidak mengenakan dan bisa menyebabkan orang tidak bisa melakukan aktivitas seperti biasanya. Sakit gigi juga bisa saja terjadi pada ibu hamil, pada umumnya hal ini terjadi karena perubahan hormon yang ada pada tubuh ibu yang sedang mengandung calon bayi. Kondisi sakit gigi pada ibu hamil bisa saja berupa kerusakan gigi atau gigi sensitif. Untuk mengobatinya, obat sakit gigi untuk ibu hamil tidaklah boleh sembarangan, karena segala macam obat yang dikonsumsi ibu hamil akan berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan janin dalam perut ibu, bahkan mungkin apabila menggunakan obat yang benar-benar tidak tepat, bisa saja ibu hamil mengalami keguguran.

Jenis obat sakit gigi untuk ibu hamil yang aman digunakan adalah jenis obat pereda nyeri. Obat pereda nyeri ini akan dapat mengobati sakit gigi dalam waktu singkat. Obat pereda nyeri yang diperbolehkan adalah asetaminofen dan parasetamol. Obat pereda jenis ini adalah obat yang tidak memerlukan resep dokter dalam penggunaannya. Namun tetap saja ibu harus mengkonsultasikan dulu dengan dokter spesialis kandungan sebelum mengkonsumsi obat ini. Karena bisa saja sekalipun tidak memerlukan resep dokter, setiap kehamilan memiliki ciri yang berbeda berdasarkan kondisi dan riwayat penyakit ibu hamil. Sedangkan untuk obat pereda nyeri seperti aspirin dan ibuprofen sebaiknya dihindari. Obat-obat ini mengandung zat-zat yang bisa mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan ibu.

Sebenarnya ibu bisa menggunakan cara lain selain mengkonsumsi obat sakit gigi untuk ibu hamil dalam mengatasi sakit gigi. Cara yang pertama adalah dengan berkumur menggunakan air hangat. Karena dengan air hangat akan dapat membersihkan mulut dari kuman dan bakteri yang menyebabkan gigi ngilu. Ibu juga dapat menambahkan garam agar proses pembersihan mulut dari bakteri dan kuman jadi lebih maksimal. Penggunaan kompres baik dengan air hangat maupun air dingin pada daerah gigi yang sakit diketahui juga dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi. Cukup dengan menempelkan handuk atau kantung air yang berisi air hangat atau air es ke pipi maka rasa sakit akan berkurang.

0 komentar:

Posting Komentar