Indahnya Pesona Wisata Bahari di Kota Bontang

, , No Comments
Indahnya Pesona Wisata Bahari di Kota Bontang - Untuk anda yang belum begitu tau dimana letak kota Bontang. Kota ini berada di daerah provinsi Kalimantan Timur. Perjalanan menuju kota yang terkenal akan pendapatan tertinggi karena ditopang banyak perusahaan besar seperti PT. BADAK LNG dan PT. PUPUK KALTIM Tbk. kira-kira sekitar 6-7 jam dari kota Balikpapan yang memang hanya disanalah pintu masuk untuk bisa ke daerah kalimantan timur. Jika anda memiliki kesempatan untuk berjalan-jalan ke Kalimantan Timur. Anda bisa untuk mampir di kota Bontang. Karena sangat disayangkan untuk anda lewati berbagai macam wisata bahari yang tentunya memiliki ke khasan tersendiri dibanding dengan wisata bahari di kota lainnya. 

Mau tau apa saja wisata bahari dan wisata lainnya yang berada di Kota yang mempunyai slogan kota TAMAN ini? Yuk kita bahas 1 per 1.

1. Pulau Beras basah

Pulau yang satu ini bisa dibilang pulau yang termahsyur di daerah kota Bontang. Karena memang pulau ini sangat indah terutama daya tarik disana adalah pasir putihnya. Belum lagi jika anda berenang disekitar pesisir pantai. Anda akan menemukan banyak sekali biota laut karena disini daerahnya sangatlah bersih dan terjaga kelestariannya. Jadi anda pun bisa melihat berbagai macam biota laut yang belum tentu anda bisa temui di pulau-pulau lainnya.

Penamaan pulau ini cukup unik lo. Karena nama pulau ini diambil dari cerita rakyat disana. Cerita tentang adanya sebuah kapal milik kesultanan kutai yang membawa bahan pangan, salah satunya adalah beras. Saat melintasi suatu daerah (yang sekarang jadi pulau beras basah), ternyata tiba-tiba kapal tersebut karam dan menumpahkan semua beras yang dibawanya. Karena peraiarannya dangkal, maka beras-beras itu tidak tenggelam dan malah mengapung dan terlihat seperti gundukan. Lama kelammaan gundukan beras tersebut berubahlah menjadi pasir putih seperti basah karena dikelilingi oleh lautan. Itulah kenapa pulau ini dinamakan beras basah.  Unik bukan?

Jika anda ingin ke pulau ini, anda bisa pergi ke daerah Bontang Kuala ataupun Tanjung laut yang dimana disana akan disediakan kapal untuk anda bisa pergi ke Pulau beras basah ini. 

2. Pulau Segajah
Pulau yang satu ini bisa dibilang sangat misterius. Eittss, tunggu dulu. Misterius disini tidak berbau horror ya. Karena misterius disini adalah pulau ini bisa hilang dan muncul dengan sendirinya. Tau kenapa?

Yep, kalian benar. Pasang surut air lautlah yang menyebabkan pulau ini bisa menghilang dan muncul kembali.

Tidak sesuai dengan namanya, pulau ini sebenarnya hanya berukuran kecil. Tapi anda tidak boleh memandang sebelah mata. Karena di sini, jika anda berada di atas pulau saja. Anda akan rugi, karena selain keunikan hilang dan munculnya pulau ini. Yang menjadi daya tarik lainnya adalah biota bawah lautnya. Jadi sangat disayangkan jika anda ke sini, tapi tidak untuk snorkling ataupun diving. Karena sungguh sangat indah dan sangat banyak sekali biota laut yang bisa anda lihat disini. 

Jika anda ingin ke pulau segajah ini, anda bisa langsung ke daerah Bontang Kuala dan mencari penyewaan kapal yang menuju kepulau ini.  

3. Wisata Sungai Belanda

Wow, di Bontang ada sungai Belanda loo.. Pasti pada bertanya-tanya, apa sih sungai Belanda ini? . Sungai Belanda ini sebenarnya adalah wisata tour hutan Mangrove yang menyusuri Sungai Belanda. Penamaan Sungai Belanda pun juga berasal dari cerita rakyat dulu yang dimana sungai ini pernah dijadikan sebagai tempat pengamatan para pejuang Indonesia untuk melihat gerak gerik para Penjajah Belanda dulu. Makanya sungai ini dinamakan Sungai Belanda. Pastikan ketika anda kesini, anda selalu memegang kamera anda. Karena hutan mangrove yang asri ini pun juga dihuni beberapa hewan seperti burung bangau yang tentu bisa jadi objek foto anda.  Nah untuk bisa kedaerah wisata sungai belanda ini, anda bisa kok langsung mengunjungi penyedia jasa wisata tour sungai belanda. Seperti yang ada didalam video ini. 


Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Kota Bontang ini. Jadi tunggu apalagi, jika berkunjung ke Kalimantan Timur, jangan lupa untuk mampir ke Kota Bontang ya.

0 komentar:

Posting Komentar