Kenapa Air Laut Rasanya Asin?

, , No Comments
Kenapa Air Laut Rasanya Asin?
Pada tau tidak, kenapa air laut itu rasanya asin? Mungkin waktu kita kecil dulu pasti akan berfikiran kalau dulu ada orang yang secara tidak sengaja menumpahkan banyak garam ke laut sehingga air laut jadi asin. Ya tentu saja pemikiran anak kecil ini karena logikanya yang memang sederhana dan belum banyak mendapatkan informasi. Nah kalau anda? Sudah tau atau tidak nih? Kalau belum, berikut alasan kenapa air laut itu rasanya Asin.


Sebenarnya, rasa asin yang ada dilaut itu berasal dari daratan. Kenapa? Karena ternyata sumber kandungan garam ini terdapat banyak sekali di daratan yaitu berada di dalam tanah serta di bebatuan. Garam-garam yang dikandung tanah serta batuan ini bisa sampai kelaut karena adanya air hujan yang mengikis batu serta tanah dan melarutkan garam mineral ini ke sungai-sungai lalu pada akhirnya garam mineral ini bermuara di laut dan tertimbun di dalam dasar laut.

Dilaut inilah garam makin lama makin banyak mengendap serta faktor dari terjadinya proses penguapan air laut yang dimana hanya kandungan air atau H2O saja yang dibawa sedangkan mineral garam tidak ikut. Jadi inilah kenapa Air Laut Rasanya Asin.

Nah pertayaanya? Kenapa sungai tidak asin? Padahal sungai juga kebagian garam mineral yang dilarutkan oleh hujan. Nah jawabanya adalah karena sungai tidaklah sebesar lautan. Ini menyebabkan penguapan pun tidak begitu besar. Apalagi air disungai terus mengalir menuju laut. Sehingga kadar garam yang tertimbun di sungai pun tidak akan sebanyak di lautan dan menyebabkan air sungai pun tidak asin. Belum lagi, lautan memiliki sumber garam mineral yang lebih banyak ketimbang sebuah sungai yang sumber garam minerlanya tidak banyak karena berasal dari 1 daratan saja.

Selain dari air hujan yang mengikis daratan dan batuan. Ombak di pesisir pantai pun juga menjadi salah satu kontribusi garam mineral yang masuk ke lautan. Karena ombak akan memecah sedikit demi sedikit batu-batuan ataupun daratan yang mereka hantam.

Itulah Kenapa Air Laut Rasanya Asin. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan enambah pengetahuan anda ya.



0 komentar:

Posting Komentar